Lumajang – Kiprah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang selama pandemi sangat maksimal. Karena sejak April hingga September telah menyalurkan dana kurang lebih Rp.1, 2 miliar untuk membantu pencegahan pandemi Covid-19 dan dampak yang ditimbulkannya.

 

Menurut Ketua BAZNAS Kabupaten Lumajang, H Atok Hasan, uang Rp. 1,2 miliar yang bersumber dari zakat, infak dan sedekah masyarakat itu disalurkan untuk pengadaan perangkat pencegahan sebaran virus Corona. Tidak hanya itu, juga bantuan sembako dan uang tunai bagi masyarakat terdampak.

 

“Sebelum kita menyalurkan bantuan tunai dan logistik, untuk meminimasir sebaran virus kita sudah menyalurkan bantuan berupa masker lebih dari sepuluh ribu, ada juga hand sanitizer, thermo gun dan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat ibadah dan perkantoran,” kata Atok Hasan, Kamis (1/10/2020).

 

H Atok Hasan mengatakan, setelah itu bantuan yang salurkan kemudian berupa kebutuhan logistik dan uang tunai di zona terdampak.

 

“Kita sudah menyalurkan beras sekitar sebelas ribu ton,” jelas dia.

 

Belakangan, jelas H Atok, BAZNAS juga mengeluarkan paket bantuan bantuan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM yakni beras dan uang tunai sebesar Rp300 ribu.

 

“Bantuan serupa juga diberikan kepada guru ngaji, tukang becak, petani, usaha mikro,” pungkasnya. (Syaifullah)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *