Tuban – Pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah karyawan Semen Indonesia Pabrik Tuban oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Group Tuban dalam tiga tahun ini terus meningkat.

 

Pada tahun 2019 ini dana zakat karyawan yang terkumpul sebanyak Rp. 1,6 milyar. Tahun 2018 ebelumnya UPZ berhasil mengumpulkan dana ZIS karyawan sebanyak Rp. 1,4 milyar. Sedangkan di tahun 2017, zakat karyawan yang dikumpulkan UPZ Semen Indonesia pabrik Tuban sebesar Rp. 1,3 milyar.

 

“Dana zakat karyawan yang terkumpul tersebut disetorkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban sesuai dengan ketentuan Perbaznas No.2 Tahun 2016 bahwa dana zakat yang disetor, 30 persennya akan disalurkan oleh Baznas dan yang 70 persen dikembalikan untuk dikelola oleh UPZ sendiri,” papar Wakil Ketua UPZ Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto, Kamis (4/7).

 

Menurutnya selama 2019 ini dana yang dikelola (disalurkan) UPZ Semen Indonesia Group Tuban, sudah mencapai atau sebesar Rp 1,12 miliar.

 

“Jadi dana tersebut selain digunakan untuk bantuan rehabilitasi rumah warga miskin, juga digunakan untuk bantuan bisyarah ustadz dan ustadzah TPQ, pemberdayaan keluarga miskin, bantuan lansia fakir, dan beasiswa anak yatim miskin yang semuanya juga difokuskan untuk wilayah sekitar perusahaan,” jelasnya

 

Pada 2018 lalu, dana zakat yang dikelola UPZ Semen Indonesia pabrik Tuban yangvterkumpul Rp. 1,4 milyar digunakan untuk berbagai kegiatan sosial.

 

Selain diberikan untuk bisyaroh ustadz dan ustadzah TPQ juga digunakan untuk pembangunan RTLH, pemberihan hewan ternak berupa kambing untuk warga miskin, bantuan kaki palsu, dan berbagai kegiatan sosial lainnya. (Net/Nawawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *