Gresik – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Gresik menggelar serangkaian bakti sosial di Pulau Bawean. Salah satunya adalah pengobatan gratis yang digelar di Balai Desa Sungaiteluk, Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik, Selasa (17/3).
.
Ratusan warga yang didominasi Lansia tampak antusias dalam pengobatan gratis tersebut. BAZNAS juga menghadirkan sejumlah dokter spesialis yang didatangkan dari RSUD Ibnu Sina Gresik dan RS Umar Mas’ud Bawean.
.
Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim, saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan pengobatan gratis yang digagas BAZNAS Gresik tersebut. Sebab selain pengobatan gratis, di tengah situasi merebaknya isu corona saat ini, BAZNAS Gresik bersama sejumlah dokter juga memberikan edukasi terkait virus corona, pencegahan hingga penanganannya.
.
“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Gresik sangat mengapresiasi atas kegiatan ini. Ditengah isu corona seperti saat ini, BAZNAS dan para dokter selain melayani pengobatan secara gratis juga memberikan edukasi apa itu virus corona, bagaimana cara mencegahnya hingga bagaimana cara penanganannya,” katanya.
.
Ia menyerukan, meskipun adanya isu corona yang merebak ditengah masyarakat, Wabup Qosim mengajak masyarakat untuk tidak takut ataupun cemas, kendati demikian harus tetap waspada.
.
“Waspada dan hati-hati itu harus, tapi jangan takut. Kita biasakan pola hidup sehat. Pakai masker, gunakan hand sanitizer atau cuci sabun minimal 20 detik setelah beraktifitas di luar rumah. Selebihnya kita pasrahkan kepada Allah swt,” katanya.
.
Selain itu, sebelum warga memasuki area Balai Desa, warga juga melewati pemeriksaan suhu tubuh dengan alat thermo gun yang sudah disiapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. Pemeriksaan tersebut juga berlaku di sejumlah tempat dan kegiatan. Salah satunya di Pelabuhan penyeberangan Gresik-Bawean. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *