Sidoarjo – Sejumlah kota di Jawa Timur yakni Sidoarjo, Surabaya dan Gresik memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Aturan tersebut dipilih demi memutus mata rangkai virus Corona yang telah menjadi pandemi.

Dalam rangka turut berpartisipasi dengan program ini, Klinik Kesehatan Al-Ikhlas yang berada di bawah koordinasi BAZNAS Provinsi Jawa Timur juga memberikan layanan kesehatan. Karena lokasinya berada di wilayah Sidoarjo yakni Kantor Kementerian Agama Jawa Timur di daerah Juanda, maka turut membantu mengawal posko atau cek poin yang ada di kota udang tersebut.

“Kami bergabung dengan tim lain mengawal pemberlakuan PSPB ini sejumlah titik,” kata Nisfullaily, SE kepada media ini, Jumat (1/5).

Perempuan yang telah mengabdi di Klinik Al-Ikhlas BAZNAS Jatim selama hampir sepuluh tahun tersebut mengemukakan bahwa sejumlah klinik dan rumah sakit di Sidoarjo terlibat dalam kegiatan ini.

“Kami fokus dalam memberikan layanan kesehatan, bergabung dengan ratusan klinik dan rumah sakit yang ada di Sidoarjo,” jelas bagian keuangan dan umum tersebut.

Dikemukakan bahwa saat bertugas, tim kesehatan harus menyesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan. Antara lain harus menjaga jarak dengan siapa saja dan ketika memeriksa seseorang harus mengenakan alat pelindung diri atau APD.

“Standarnya memang demikian, sebagai bentuk kehati-hatian dalam menjalankan tugas,” terang Ibu Anis, sapaan akrabnya.

Dijelaskannnya bahwa jadwal piket para tim medis bergabung dengan sejumlah  tim lain baik dari kepolisian dan tentara dibagi menjadi dua sift. Saat berada di posko, mereka berbaur untuk melaksanakan tugas melakukan pengecekan kepada orang yang datang.

“Kita pastikan bahwa suhu badannya normal. Namun bila ternyata melebihi dari yang seharusnya, maka lanmgsung ditangani tim kesehatan,” terangnya.

Klinik Al-Ikhlas yang saat ini di bawah tanggung jawab dr Fakhrul Anam harus berbagi tugas dengan jadwal yang ada. “Untuk layanan ini kami mengirim tiga orang yakni dokter, tenaga kesehatan serta sopir,” jelasnya. Sedangkan tenaga medis lainnya tetap melayani kebutuhan di klinik yang buka setiap hari di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, lanjutnya.

Ada sejumlah cek poin atau tempat pemberhentian selama pemberlakuan PSBB di Sidoarjo. Para tenaga medis dan tim lainnya telah dijadwal untuk memberikan layanan, termasuk edukasi terkait penyebaran vurus Corona.

 

Ayo terus dukung kami,

Transfer donasi:
Rek BSM No. 7001249694
a.n. BAZNAS Provinsi Jawa Timur

(Mohon tambahkan angka 19 di belakang nilai yang ditransfer sebagai kode transaksi program ini. Misal: 500.019 untuk nilai donasi Rp. 500.000, -)

Hitung & Jemput Zakat :
+6285730551704 (Mahrus)
+6283830702600 (Sugeng)
+6281299577253 (Fajar)
+6281232515123 (Rizal)

Konfirmasi Transfer:
083830936292

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *