Lamongan — Pada tahun 2019, pengumpulan dana zakat oleh BAZNAS Lamongan tembus 2 miliar 250 juta rupiah. Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan yakni sebesar 1 miliar 700 juta rupiah.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua BAZNAS Lamongan KH Abdul Roud saat tasyakuran penempatan gedung baru di gedung MUI,  Jalan Lamongrejo Nomor 24, Senin (9/3).

 

Sebelumnya BAZNAS menempati gedung di Jalan Kyai Amin Nomor 12 Lamongan menjadi kantor sementara. Mulai kini sudah menempati kantor permanen bergabung di Kantor MUI Lamongan.

 

“Terlampauinya target tersebut dikarenakan banyak usaha yang dilakukan oleh pengurus BAZNAS serta kerja sama dengan berbagai pihak seperti bupati, Sekda, Kepala OPD beserta jajarannya sampai dengan tingkat kecamatan,” jelas KH Abdul Rouf

 

Untuk tahun 2020, sambung Kiai Rouf, target pengumpulan zakat naik menjadi 4 miliar 500 juta rupiah.

 

“Saya yakin di tahun ini juga akan tercapai bahkan akan melebihi target atas kerja sama semua pihak,” terangnya

 

H Abdul Rouf juga mengungkapkan program unggulannya selama tahun 2019 yakni pentasyarufan satu desa satu mustahik dengan dana yang disalurkan masing- masing 1,2 juta rupiah.

 

“Sementara untuk tahun 2020 sesuai dengan permintaan,” ungkapnya

 

Sementara Bupati Lamongan H Fadeli berharap pada tahun 2020, mustahiknya akan bertambah menjadi 3 mustahik per desa. BAZNAS akan bekerja sama dengan dinas sosial untuk mengetahui dana by name by address fakir dan miskin di Kabupaten Lamongan.

 

“Sebenarnya saya minta 5 mustahik per desa tapi sementara 3 mustahik dulu. Ini dalam upaya program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lamongan yang masih di angka 13,08%,” harapnya

 

Fadeli yakin akan pencapaian target BAZNAS Lamongan di tahun 2020 bisa direalisasikan. Ia menganggap kunci tercapainya target BAZNAS tergantung dari diri sendiri masing-masing.

 

“Pengurus BAZNAS harus terbuka, memberikan informasi berapa, dari mana serta dibagikan kepada siapa pentasarrufan dana BAZNAS tersebut,” imbuh Fadeli.

 

Menjelang acara berakhir, Fadeli bersama pengurus BAZNAS memberikan beasiswa kepada 10 pelajar, 3 mahasiswa, 2 santri, 1 muallaf serta 2 fakir miskin. (Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *