Banyuwangi РPada peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Bupati Banyuwangi H Abdullah Azwar Anas menyerahkan 25 sepeda angin untuk siswa kurang mampu. Program ini  hasil kerja sama BAZNAS dan pemerintah setempat.

“Alhamdulillah dapat sepeda baru. Sepeda saya yang lama sering rusak, saya terpaksa sering jalan meski capek. Sepeda ini akan langsung ditunjukkan ke orang tua,” ujar Rakhel Dwi Setyawan, siswa berkebutuhan khusus dari SDN 1 Penganjuran, Banyuwangi kepada Bupati Anas saat diberikan sepeda, Ahad (17/8).

Bupati Anas mengatakan, pada tahun ini Pemkab telah mengikrarkan diri Merdeka dari Anak Putus Sekolah. Pemkab telah bersepakat dengan banyak pihak untuk segera menuntaskan masalah anak putus sekolah.

Pemberian sepeda ini, kata Anas, adalah bagian dari program Garda Ampuh (Gerakan Angkat Anak Muda Putus Sekolah).

“Kadang ada hal yang tidak bisa dibiayai APBD dengan cepat, di situ peran penting Badan Amil Zakat turun membantu siswa yang terkendala bersekolah. Contohnya pemberian sepeda ini. Terima kasih Badan Amil Zakat yang terus bersinergi dengan kami,” kata Anas.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional Banyuwangi Samsuddin Adlawi menjelaskan, sepeda adalah salah satu peralatan sekolah yang banyak dibutuhkan siswa untuk memperlancar mereka berangkat sekolah.

“Banyak siswa yang membutuhkan transportasi sepeda untuk berangkat sekolah. Bahkan, ada siswa yang sempat mogok sekolah karena harus berjalan jauh dari rumah menuju sekolahnya. Untuk itu, kami terinspirasi membantu sepeda,” katanya. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *