Lumajang – Salah satu program unggulan Baznas Kabupaten Lumajang adalah SKSS (satu keluarga satu sarjana). SKSS merupakan program beasiswa bagi anak keluarga kurang beruntung, dan sudah berjalan sejak tahun 2016.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Lumajang, H Atok Hasan Sanusi,  program tersebut adalah untuk menjawab problema finansial yang diderita keluarga tak mampu, padahal mereka mempunyai anak yang cakap dan punya semangat untuk maju.

“Syaratnya (dapat SKSS) mereka berasal dari keluarga miskin, dan dalam keluarga tersebut  belum ada yang sarjana atau kuliah. Yang juga penting, mereka punya semangat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” tukasnya.

H Atok menambahkan, program tersebut dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan. Sarjana yang dihasilkan dari program SKSS itu, kelak diharapkan bisa bekerja sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya, tidak harus menjadi pegawai negeri, tapi bewiraswastapun bisa.

“Ya kalau orang pinter tidak ada nganggurnya,” tukasnya.

Hingga tahun 2018, penerima beasiswa program SKSS sudah mencapai 30 orang. Jumlah tersebut adalah akumulasi dari tahun 2016, 2017, dan 2018. Setiap tahun, Baznas Kabupaten Lumajang hanya merekrut 10 calon peserta. Mereka melanjutkan ke perguruan tinggi di Surabaya, Malang, Jember, dan Lumajang sendiri.

“Setiap peserta mendapatkan dana sebesar Rp. 5 juta/tahun selama delapan semester, dimulai sejak semester satu,” tambahnya.

Tahun ini Baznas Kabupaten Lumajang akan membuka pendaftaran lagi untuk merekrut 10 penerima SKSS. Seleksinya akan dimulai bulan Juli 2019. (Aryudi AR/Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *