Jember – Menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, pembagian zakat semakin massif.  Salah satunya dilakukan oleh HM Arum Sabil. Pengusaha tebu asal Tanggul Jember ini, membagikan zakat  malnya yang dirupakan dengan sembako sebanyak 10.500 paket, Kamis (30/5).

Pemberian ribuan paket sembako itu dibagi di dua tempat, yaitu di Padepokan HM Arum Sabil (Tanggul) sebanyak 8000 paket untuk delapan ribu orang. Sedangkan sisanya dibagi City Forest HM Arum Sabil (Sumbersari) sebanyak 2500 paket untuk dua ribu lima ratus orang.

“Untuk memudahkan sasaran (mustahik) pembagian paket sembako itu disinergikan dengan Baznas Jember,” tukas Ketua Baznas Kabupaten Jember, HM Misbahus Salam di sela-sela pembagian sembako tersebut di  Padepokan HM Arum Sabil.

H Misbah berharap agar pembagian zakat mal tersebut dapat merangsang pengusaha lain untuk membagikan sedekah dan zakat malnya. Ia lalu menyitir  sebuah ayat yang bebunyi: “Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan ) orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tuju bulir pada tiap tiap bulir seratus biji . Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya ) lagi Maha Mengetahui.”

“Jadi jelas sekali bahwa sedekah, zakat, bantuan atau apapun namanya, pahalanya sangat besar, gantinya  berlipat-lipat,” ulasnya.

Penyerahan paket sembako tersebut dilaporkan lewat berita acara Sinergisitas Baznas Jember, yang selanjutnya dicatat ke dalam Sistem Informasi dan Menejemen Baznas.

“Baznas itu fungsinya mengelola dana zakat, yaitu mengumpulkan dan menyalurkannya kepada yang berhak (mustahik). Tapi tak jarang kami tinggal menyalurkan sesuai dengan kriteria penerima zakat,” tuturnya. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *