Sumenep – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumenep melakukan survei calon penerima manfaat dana zakat, infak, dan sedekah tahun 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, BAZNAS Kabupaten Sumenep, Hadariadi mengatakan, survei ini dilakukan agar pelaksanaan penyaluran zakat berasas syariat Islam. Juga amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas sesuai Undang-Undang Pengelolaan Zakat.

Menurutnya, survei dilakukan untuk memastikan apakah calon penerima termasuk golongan yang berhak menerima zakat atau tidak.

“Hal ini mengantisipasi salah sasaran, mengingat zakat bukan sekedar amanah antara manusia, tetapi juga amanah Allah SWT kepada pelaku zakat atau amil,” terangnya, Selasa (28/1).

Selain untuk memastikan kebutuhan apa yang paling mendesak bagi calon penerima, survei tersebut dilakukan untuk memastikan intervensi program yang tepat sesuai kondisi riil calon penerima manfaat.

“Untuk itu kami mengundang seluruh umat Islam untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah melalui BAZNAS setempat. Hal itu untuk kemaslahatan yang berkesinambungan,” pungkasnya. (Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *