Tulungagung — Pimpinan BAZNAS bersama Bupati Kabupaten Tulungagung menghadiri peresmian dan serah terima bantuan bedah rumah di kediaman ibu Panisah, yang beralamatkan di Desa Tiudan, Kecamatan Gondang.

 

Selain dihadiri segenap pimpinan BAZNAS dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Banom NU daerah setempat juga turut serta mensukseskan acara. Mulai dari kedatangan bupati disambut dengan iring-iringan diba oleh jamaah hadrah Desa Tiudan dan diakhiri dengan ramah tamah bersama tamu undangan. Kegiatan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

Dalam sambutan, Gus Rouf selaku pimpinan BAZNAS Kabupaten Tulungagung mengatakan bahwa bantuan bedah rumah telah menjadi progam kerja. Kegiatan tersebut  juga mendapatkan tambahan alokasi dana dari BAZNAS Provinsi Jawa Timur sebesar Rp2 miliar.

 

“Hal ini karena manajemen sekaligus progres dari BAZNAS Tulungagung tergolong baik dibanding dengan kabupaten-kabupaten lain yang ada di Jawa Timur,” katanya, Selasa (1/9/2020).

 

Karenanya, pada tahun ini bantuan dana yang diberikan untuk pembangunan atau renovasi rumah untuk Panisah terbilang cukup banyak dibanding tahun sebelumnya. Sehingga, bantuan dana tersebut bisa merenovasi rumah Panisah secara keseluruhan.

 

“Rumah yang dahulunya bertembok sebatas anyaman bambu, kini telah bertembok susunan batu bata yang kokoh,” jelasnya.

 

Panisah tinggal bersama anak dan adik kandungnya. Menurut kesaksian tetangga, kehidupan sehari-hari hanyalah bergantung pada pemberian warga sekitar. Sedangkan sumber makanan dari siang dan sore berasal dari kiriman tetangga.

 

“Hal itu karena Panisah sama sekali tidak bekerja dan anak satu-satunya harus merantau jauh ke Papua dan terkadang pulang hanya beberapa kali saja,” ungkapnya.

 

Berkat uluran tangan dari BAZNAS yang bermitra dengan Fatayat NU Ranting Tiudan, memberikan harapan kepada Panisah untuk hidup dengan layak dan nyaman.

 

Sedangkan dukungan dari tetangga Panisah diwujudkan melalui semangat gotong royong turut membantu pembangunan dari awal sampai akhir. Proses pembangunan berlangsung cukup singkat, bila dihitung sejak penyaluran dana hingga peresmian berkisar sekitar 14 hari.

 

Bupati Tulungagung, Drs. H. Maryoto Birowo, M.M dalam sambutannya mengimbau kepada warga dan juga tamu undangan.

 

“Saya berharap kepada warga Tulungagung yang berkecukupan yang telah wajib zakat untuk membayarkan zakat, infaq, dan shodaqohnya kepada BAZNAS Tulungagung. Sehingga ke depannya BAZNAS dapat terus meningkatkan target dananya dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat,” harapnya. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *