Lumajang – Dalam rangka menyambut Ramadan, Forum Zakat (FOZ) Jawa Timur melakukan safari di Kabupaten Lumajang, Selasa (30/4). Selain membagikan santunan, tim safari yang dipimpin oleh M Yusuf (Ketua Forum Zakat) tersebut, juga menemui Bupati Thoriqul Haq di Pendopo Arya Wiraraja.

“Kulo nuwun kepada bapak bupati, harapanya kita dapat support dari pemerintah setempat,” tuturnya.

Ia menambahkan, apa yang dilakukan oleh Forum Zakat Jawa Timur tersebut merupakan program tahunan, yang kali ini memilih bersinergi dengan Baznas dan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Dikatakannya, sinergi tersebut penting untuk memaksimalkan potensi zakat, khususnya di daerah.

“Masyarakat juga perlu diedukasi terkait pentingnya zakat untuk kemaslahatan umat,” urainya.
Sementara itu, Ketua Baznas Lumajang, H Atok Hasan Sanusi menyambut baik sinergi tersebut. Sebab dengan bersinergi, potensi zakat akan lebih optimal tergali, dan manfaat zakat juga lebih luas jangkauannya.

“Lumajang memiliki potensi cukup besar. Apalagi sudah didukung oleh Pemkab Lumajang,” ujarnya.
Sedangkan Bupati Thoriqul Haq berjanji untuk melakukan upaya maksimal guna optimalisasi potensi zakat di Lumajang. Salah satunya dengan cara mengumpulkan zakat dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Lumajang.

“Semoga ini menjadi semangat untuk kami memaksimalkan dan optimalisasi potensi zakat yang ada di Kabupaten Lumajang. Saya harus membuat Surat Keputusan terkait instruksi Zakat bagi seluruh ASN yang beragama Islam di Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Usai diterima Bupati Thoriqul Haq, tim safari langsung meluncur ke sejumah tempat untuk membagikan santunan bagi kaum duafa. Di antaranya adalah Kecamatan Gucialit dan Kecamatan Senduro. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *