Jember- Kesadaran tentang wajibnya zakat dan anjuran sedekah perlu terus ditanamkan sedini mungkin dalam diri anak-anak. Sebab jika kesadaran tersebut telah tumbuh dan terpatri dalam jiwa, maka tentu adalah hal yang gampang.

Itulah yang melatarbelakangi Baznas Kabupaten Jember menggelar Lomba Cerdas Cermat Islami dan Musik Patrol di hall Lippo Plaza, Jember, Jawa Timur.

Menurut Ketua Baznas Kabupaten Jember, HM Misbahus Salam, lomba cerdas cermat islami sesungguhnya untuk memberi pemahaman tentang sejumlah poin ajaran Islam terhadap peserta dan masyarakat, termasuk tentang wajibnya zakat.

“Bahwa zakat itu adalah suatu kewajiban, memang ya, dan banyak yang tahu. Tetapi apakah yang tahu itu lantas membayar zakat semua, belum tentu. Maka melalui lomba ini, kita ingin zakat dikenal lebih dalam oleh masyarakat,” tukasnya di sela-sela penutupan lomba, Ahad (12/5).

Sedangkan lomba musik patrol, selain melestarikan musik khas Jember, juga untuk mengenalkan Baznas pada segmen tertentu. Dikatakannya, musik patrol awalnya digagas oleh santri di beberapa mushalla guna membangunkan warga bersahur. Mereka berkeliling sambil memainkan musik agar warga bangun.

“Jadi musik patrol ada unsur syiarnya. Dan ini wajib dilestarikan,” ungkapnya.

Kedua lomba hasil kerja sama Baznas Jember dan manajemen Lippo Plaza tersebut mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *