Jember – Tiada henti-hentinya BAZNAS Jember berkiprah. Pada Jumat (10/1) kemarin bersama Jember Research Development Centre (JRDC) meresmikan lagi kampung SDGs atau Sustainable Development Goals. Kali ini bertempat di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Desa Sumberkejayaan Kecamatan Mayang yang diasuh oleh KH Imam Mukhlisin.

BAZNAS Jember memberi bantuan Al-Qur’an dan bibit pohon kelapa hibrida dari HM Arum Sabil.

“BAZNAS Jember bersinergi dengan City Forest HM Arum Sabil  mengkampanyekan sedekah bibit pohon agar ditanam, karena itu sangat relevan dengan tujuan SDGs,” kata KH Misbahus Salam.

Menurut Ketua BAZNAS Jember ini, tujuan SDGs adalah penanganan perubahan iklim.

“Hal ini demi mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya,” ungkapnya.

Tujuan SDGs yang lain adalah ekosistem daratan.

“Yaitu mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan serta menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati,” urainya.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengajak kepada masyarakat senyampang masih musim hujan untuk menanam pohon terutama di gumuk dan gunung yang gundul, maupun di sekitar pekarangan.

“Karena manfaatnya sangat besar bagi keberlangsungan kehidupan kita, terutama mengurangi pemanasan global akibat rumah kaca bumi yang kian memanas,” pungkasnya.

Sebelumnya juga diserahkan sejumlah Al-Qur’an kepada warga setempat. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *