IKHTIAR PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN

Jum’at, 3 Mei 2019, Pertemuan Pengurus BAZNAS Jember (HM. Misbahus Salam, DR. H. Zainuri, MSI, DR. Fauzan Adhim, MA), dan Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Jember (DR. H. Mahfudz, DR. Agus, DR. Haidar serta Ketua LP2M UNEJ ( Prof. Dr. Bagio) di kantor LP2M Universitas Jember telah mendiskusikan perihal pengumpulan ZIS dan penggunaannya serta langkah ikhtiar dalam pemberdayaan masyarakat.
Dalam diskusi yang berlangsung satu jam itu telah disepakati bahwa di Universitas Jember dalam bulan Ramadhan akan didirikan tenda UPZ sebagai publikasi UPZ UNEJ dan Penggunaan form IT kesanggupan Pejabat dan pegawai dalam membayar Zakat, Infaq dan Sedekah.
Sedangkan pendistribusian hasil pengumpulan akan dimanfaatkan untuk mustahiq dilingkungan Universitas Jember terlebih dahulu, agar kehadiran UPZ Universitas Jember dapat dirasakan manfaatnya oleh keluarga besar Universitas Jember.
Selain itu, dalam diskusi dibahas sinergisitas BAZNAS Jember dengan LP2M dalam beberapa PROGRAM BAZNAS Jember diantaranya Pelatihan menejemen kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ,(UMKM) terutama yang telah memperoleh bantuan modal dari BAZNAS Jember. Sinergisatas ini juga dalam bentuk pendampingan dalam pemberdayaan masyarakat terutama daerah kampung zakat dan desa desa yang tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) rendah.
Langkah ini adalah bentuk ikhtiar yang oleh ajaran Islam sangat dianjurkan. Sebagaimana Hadist Rasulullah SAW.

وعن أبي الدرداء – رضي الله عنه – عن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال : ” ابغوني في ضعفائكم ، فإنما ترزقون – أو تنصرون – بضعفائكم ” . رواه أبو داود .

Carilah olehmu sesuatu yang sangat saya sukai diantara para dhu’afa, karena pertolongan dan Rizqi Allah kepada kamu sekalian sebab kepedulianmu kepada para dhu’afa.
Dalam Islam ZIS ini harus dikelola oleh Lembaga, kata Khudz min amlihim maknanya harus diambil dan dikelola secara profesional. Apalagi dalam Undang Undang dan Peraturan Pemerintah sudah sangat jelas bahwa ZIS harus dikelola oleh lembaga resmi, formal dan akuntabel.

Sumber BAZNAS Kab Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *