Untuk bisa melayani kalangan kurang mampu, sejumlah terobosan dilakukan. Lewat keterampilan yang dimiliki, keberadaan Baznas Kabupaten Jember termasuk yang diperhitungkan.

H Misbahus Salam, namanya. Sosok yang satu ini dikenal sebagai tokoh muda yang cukup energik. Mobilitasnya tinggi dan jaringannya luas, baik di kalangan pesantren maupun birokrasi. Sehingga tidak heran, jika pagi hari berkegiatan di Jember, sore di Surabaya dan esoknya di Jakarta. Dan begitu seterusnya.

Bagi H Misbah –sapaan akrabnya—melompat-lompat ke berbagai daerah untuk banyak kegiatan, termasuk sosial adalah hal biasa. Apalagi dipercaya sebagai Ketua Baznas kabupaten Jember membuatnya semakin sering menyapa sejumlah kalangan dari berbagai lapisan.

Kepada para penentu kebijakan dan orang berpunya, dirinya mengajak untuk menyisihkan sebagian kekayaan untuk berderma. Sedangkan kepada kalangan duafa, maka yang dilakukan yakni memastikan memberikan bantuan dan santunan sesuai yang dibutuhkan. “Di manapun asalkan bermanfaat tidak masalah. Saya niatkan untuk ibadah,” ujarnya.

H Misbah dilahirkan di Jember ketika kalender menunjuk angka 4 Mei 1974. Meski lahir di desa, tepatnya Sumberwaru, Kecamatan Sukowono, namun tak membuat H Misbah ketinggalan ‘kereta’. Setelah lulus SD, oleh ayahnya, H Abdus Salam, Misbah muda dikirim ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo. Dari situlah, ia kenal dengan sejumlah kiai dan tokoh nasional.

H Misbah dikenal dekat dengan almarhum KH Hasyim Muzadi, Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Jokowi. Di manapun Kiai Hasyim berkegiatan, H Misbah hampir selalu mendampinginya. Bahkan tak jarang, Kiai Hasyim mengajaknya ke luar negeri untuk suatu acara. Kedekatan dan kesaksiannya selama mendampingi Kiai Hasyim, akhirnya dituangkan dalam sebuah buku berjudul Islam Rahmatal Lil ‘Alamin, Bunga Rampai Aksi dan Pemikiran DR KH Hasyim Muzadi. “Buku itu terbit setelah beliau wafat. Allahummaghfirlahu,” ucapnya.

Kalau di Jember, nama H Misbah juga cukup populer. Sekian periode menjadi pengurus di Nahdlatul Ulama setempat. Mulai dari sekretaris hingga wakil ketua, bahkan pernah menjadi Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah NU Jawa Timur. Juga di awal era reformasi, terpilih sebagai anggota DPRD Jember.

Berkhidmat di Baznas
Kiprah H Misbah tak pernah surut dalam situasi apapun. Hingga akhirnya ia ditunjuk sebagai Ketua Baznas oleh Bupati Jember, Agustus 2017.

“Terus terang, itu tantangan bagi saya, karena saya tidak pernah berkecimpung di Baznas, tapi apapun, saya ucapkan bismillah,” kenangnya saat mendapat mandat untuk mengetuai Baznas Jember.

Suami dari dari Hj Ilis Mahbubah itu sadar bahwa Baznas bukan lembaga profit layaknya BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). Baznas adalah lembaga pengumpul dan pembagi zakat, sehingga dibutuhkan usaha keras untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar berzakat dan bersedekah.

“Saya ketuk hati para dermawan dan birokrat agar berzakat melalui Baznas meskipun itu tidak mudah,” lanjut H Misbah.

Usaha keras dari ayah Ilma Nabilah Islamiah, Khafifah Aisyatuz Zakiyah dan Muhammad Shidqi Ali Salam itu, mulai kelihatan hasilnya. Geliat Baznas Jember cukup menggembirakan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kegiatan sosial yang dilaksanakan Baznas. “Mulai dari pemberian modal kerja untuk pelaku usaha kecil menengah, hingga rehabilitasi rumah layak huni,” ungkapnya.

Semua dilakukan sebagai bentuk tanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan. Demikian pula hal itu sebagai bagian dari upaya menjadikan dirinya senakin berguna kepada khalayak, khususnya mereka yang kurang mampu.

Sejumlah ikhtiar yang telah dilakukan akan terus ditingkatkan. Apalagi dirinya didampingi sejumlah pengurus dan simpatisan yang demikian dapat diandalkan. Hal itu pula yang membuatkan semakin memiliki semangat tinggi dalam mendermakan waktu dan segala yang dimiliki untuk melayani masyarakat kurang mampu, lewat Baznas.

Hingga kini, Baznas Jember termasuk yang menjadi rujuan sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Timur. Hal tersebut membuatnya makin semangat dalam berkhidmat. “Tekad kami bagaimana Baznas Jember terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *