Surabaya – Ramadan hendaknya semakin meningkatkan kepedulian kepada kalangan kurang mampu. Kelebihan harta harusnya tidak dinikmati sendiri, namun dapat dirasakan kalangan lain.

Hal tersebut diingatkan Gubernur Jawa Timur pada apel pagi di halaman gubernuran, jalan Pahlawan 110 Surabaya, Senin (6/5) pagi. Kegiatan diikuti sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Allah telah menjanjikan bahwa siapa yang bersedekah, maka pahalanya akan dilipatgandakan,” kata Khofifah Indar Parawansa.

Karenanya dirinya berharap kaum Muslimin semakin tergerak hati untuk bersedekah, infak dan zakat. “Allah telah menyampaikan bahwa perumpamaan nafkah yang dikeluarkan di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dikehendaki,” katanya sembari menyitir surat Al-Baqarah 261.

Pada kesempatan tersebut Khofifah mencanangkan gerakan sedekah. “Mumpung awal Ramadhan,” ungkapnya. Dan pada pertengahan bulan depan akan dilakukan evaluasi sekaligus dilanjut dengan gerakan zakat, lanjutnya.

Di halaman upacara juga dipasang pohon yang diberi nama pohon berkah. Gubernur dan pejabat Pemerintah Provinsi Jatim menuliskan jumlah sedekah yang dikeluarkan, kemudian digantungkan di replika pohon dimaksud.

Tak hanya berisikan jumlah nominal sedekah yang dikeluarkan, di pohon tersebut juga tertulis ajakan dari berbagai kalangan. Dari mulai himbauan shalat tarawih, tadarus dan sejenisnya.

Tampak mendampingi gubernur, Ketua Baznas Jatim, KH Salam Nawawi dan para pengurus. Ada KH Abdurrahman Navis, H Nur Hidayat, H Najib Hamid, H Kasno Sudaryanto, H Benny Nur Miftahul Ulum, serta staf dan karyawan lainnya. (Syaifullah)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *