Jember – Baznas Kabupaten Jember terus bergerilya, menjalin sinergi dengan sejumlah pihak demi kelancaran tugas-tugasnya dalam mengelola keuangan. Yang terbaru adalah lembaga pimpinan HM Misbahus Salam itu mengunjungi kantor Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Cabang Jember, Jumat (24/5).

Pada kesempatan itu, H Misbah didapuk untuk menjelaskan seluk-beluk Baznas. Menurutnya, Baznas hadir untuk merespons kewajiban umat Islam untuk berzakat. Selain menerima setoran zakat, Baznas juga membagikan dana zakat.

“Baznas juga hadir untuk memberi pengayoman kepada kaum dhuafa,” tukasnya.

Ia menambahkan, bahwa zakat, infak dan sedekah yang menjadi salah satu fitur ibadah dalam Islam memiliki nuansa sosial. Artinya, jika zakat dikelola dengan sungguh-sungguh, maka dapat meringankan beban hidup kaum yang lemah secara ekonomi.

“Salah satu tujuan zakat adalah membantu dan mendorong adanya pemberdayaan mustahik,” ucapnya.

Dalam paparannya, H Misbah mengemukakan bahwa keberlangsungan hidup dhuafa, salah satunya tergantung pada orang agniya (kaya). Namun para dhuafa juga mempunyai senjata, yaitu doa. Dan bukan tidak mungkin, karena doa kaum dhuafa, mereka memperoleh rezeki yang melimpah.

“Karena itu, kaum dhuafa harus kita perhatikan, tidak boleh disia-siakan,” pungkasnya. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *