Sumenep — BAZNAS Sumenep melakukan kolabori dengan Dinas Perpustakaan Daerah setempat untuk memberikan santunan anak yatim dalam acara Jelajah Dongeng.

 

Acara ini diselenggarakan oleh KPBA Okara Sumenep, Perpusda dan BAZNAS Kab Sumenep di Totosan, Kecamatan Batang-batang, Ahad (2/2).

 

Jelajah cerita ini menghadirkan pendongeng, Kak Avan dan bonekanya, Kia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih dan merangsang aktivitas anak-anak agar psikomotor dan afeksi terus berkembang.

 

Kak Avan dan Kak Farida selalu fasilitator mengondisikan anak-anak agar mendengarkan berbagai cerita para Nabi dan cerita Islami lainnya. Contohnya Kak Farida menceritakan kisah Nabi Musa dan mu’jizat ularnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengenalkan mereka dasar-dasar nilai keimanan.

 

Kak Avan dan Kak Farida juga menyampaikan nilai dasar kemunusiaan zakat dan edukasi gerakan BAZNAS Kab Sumenep dalam bentuk cerita. Tujuannya untuk memupuk cinta derma dan mebolong orang lain sedini mungkin

 

Selain itu, anak-anak diajak untuk aktif melatih aktivitas psikomotorik  dan konsentrasi. Mereka diajak menyanyi, tepuk tangan dan tepat gerak.

 

Di akhir acara, diadakan santunan anak yatim oleh Hadariadi, Wakil Ketua BAZNAS Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan.

 

“Santunan ini merupakan salah satu bentuk pendistribusian yang dilakukan BAZNAS sebagai amanah dari muzaki,” ucap Hadariadi.

 

“Santunan ini selain itu dimaksdukan untuk melatih masyarakat agar suka menunaikan zakat melalui BAZNAS Kabupaten Sumenep,” pungkasnya. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *