Banyuwangi – Langkah Baznas Banyuwangi dalam meningkatkan perekonomian rakyat kecil, laik diacungi jempol. Yaitu memberikan bantuan modal kepada para pelaku usaha mikro. Modal tersebut sifatnya bergulir dan tanpa bunga.

“Ini (pemberian bantuan) merupakan tahap kedua. Kami berharap agar penerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” tukas Wakil Ketua Baznas Banyuwangi, H Tommy Anwar usai menyerahkan bantuan tersebut di Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Kamis (2/5).

Bantuan modal usaha tahap kedua itu diterima oleh 35 pelaku usaha kecil yang berasal dari Kecamatan Glagah. Masing-masing menerima bantuan Rp. 750,000. Sebagian usaha mereka adalah menjual bakso, es, dan pedagang pracangan.

Modal tersebut dikembalikan antara 1 hingga 3 bulan setelah penerimaan bantuan. Mekanismenya dicicil antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000/hari.

Bagi yang tepat waktu dalam mengembalikan modal, diberikan reward dan bahkan modal dikucurkan lagi dengan tambahan Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000.

“Bagi yang amanah, tentu ada reward. Ini untukmemotivasi yang lain. Sebab ini uang warga yang dititipkan kepada Baznas,” tandas H Tommy. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *