Bondowoso — Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin menegaskan bahwa Baznas merupakan salah satu elemen penting dalam mengurangi angka kemiskinan. Sebab, salah satu golongan yang berhak menerima zakat atau mustahik adalah orang miskin.

“Kami minta pengurus Baznas bisa menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh, sehingga mampu membantu pemerintah. Apalagi kemiskinan di Bondowoso masih berada di angka 14 persen,” katanya saat memberikan sambutan dalam penyerahan bantuan alat-alat produktif di aula Disparpora, Bondowoso, Senin (22/4) lalu.

Untuk itu, Kiai Salwa meminta Baznas menjalin sinergi dengan pihak terkait seperti Dinas Sosial, Kesra, dan lain sebagainya. Dengan sinergi itu, diharapkan sasaran mustahik lebih tepat dari segi pemberdayaan.

“Kemiskinan memang harus diatasi bersama dengan melibatkan lintas dinas,” ucapnya.

Dengan begitu, maka Baznas tidak sekadar dapat mengentas angka kemiskinan, tapi juga bisa turut berperan dalam mendorong eskalasi pembangunan daerah.

“Bisa ikut mewujudkan misi kami, membawa Bondowoso mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, dan terdepan atau Melesat dengan memberikan sentuhan dalam usaha produktif dan sebagainya,” urainya.

Bantuan tersebut diberikan oleh Baznas Bondowoso kepada kepaa 74 mustahik. Antara lain berupa alat perbengkelan, pertukangan, kompresor, rombong gorengan, mesin jahit, dan sepeda gunung. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *