Bondowoso – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin tidak sekadar menyuruh anak buahnya untuk membayar zakat. Namun ia memberi contoh dengan membayar langsung zakatnya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bondowoso di pendopo setempat, Rabu (22/5).

Menurutnya, membayar zakat adalah suatu kewajiban bagi Muslim. Karena itu, tanpa dimintapun semestinya zakat dibayarkan dengan tertib dan tepat waktu.

“Membayar zakat, tidak boleh ditawar (bagi yang mampu). Sebab, zakat merupakan salah satu rukun Islam,” tuturnya di sela-sela pembayaran zakat pribadinya.

Sementara, Ketua Baznas Bondowoso, KH Muhammad Junaidi memberikan apresiasi terhadap  KH Salwa Arifin yang telah membayar zakatnya.  Dikatakannya, sang bupati telah menunaikan kewajibannya sekaligus memberi contoh, khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Keteladanan pemimpin Muslim dalam berzakat, sangat diperlukan,” urainya.

Kiai Junaidi menambahkan, kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti anjuran Baznas pusat untuk pembayaran zakat secara serentak nasional.

Pembayaran zakat oleh sang bupati tersebut, diikuti oleh sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah)  dan seluruh camat serta pejabat tinggi lingkup Pemkab Bondowoso, bahkan para pengusaha lokal Bondowoso untuk membayar zakat secara serentak nasional pada minggu ini. Mereka yang hadir semuanya juga turut menyerahkan zakatnya pada Baznas Bondowoso. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *