Bondowoso — Dalam rangka memberdayakan masyarakat, Baznas Kabupaten Bondowoso membagikan alat usaha produktif kepada 74 orang. Penyerahan bantuan alat-alat tersebut dilakukan oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin di aula Disparpora, Bondowoso, Senin (22/4).

Bantuan tersebut antara lain berupa alat perbengkelan, pertukangan, kompresor, rombong gorengan, mesin jahit, dan sepeda gunung. Diharapkan bantuan itu dapat meningkatkan usaha yang selama ini telah mereka lakukan, sehingga bisa menaikkan posisi secara ekonomi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapan kami mereka lebih lancar dalam usahanya, sehingga kesejahteraan hidupnya juga meningkat,” kata Ketua Baznas Kabupaten Bondowoso, KH Muhammad Junaidi di sela penyerahan bantuan.

Menurut Kiai Junaidi, usulan yang masuk untuk memeperoleh bantuan berjumlah 135 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi, ternyata yang laik mendapat bantuan adalah 74 orang. Verifikasi tersebut dilakukan oleh tim yang berjumlah 10 orang.

“Kami ambil orang yang memang benar-benar berhak untuk mendapatkan bantuan. Dana Baznas ini harus kami pertanggungjawabkan kepada Allah dan muzakki,” lanjutnya sambil menambahkan bahwa bantuan serupa akan dilakukan empat kali di tahun ini.

Sementara itu, KH Salwa Arifin berharap agar penerima zakat atau mustahik dapat memelihara peralatan tersebut.
“Jangan dibiarkan peralatan rusak, harus ada pemeliharaan.Anggap kalian beli sendiri, karena bantuan biasanya kurang dirawat. Jangan dijual,” imbaunya. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *