Jember – Setelah dibentuk beberapa waktu lalu, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Universitas Jember (Unej) langsung beraksi. Saat ini UPZ Unej tengah menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan penerimaan zakat dari pegawai Unej dan masyarakat sekitar. Kesiapan itu ditandai dengan berdirinya tenda di kampus Unej sebagai tempat para relawan untuk melayani penerimaan zakat dari muzakki.

“Alhamdulillah, ini patut disyukuri. Sebab, baru kali inilah Baznas Kabupaten Jember mempunyai UPZ di Unej,” tutur HM Misbahus Salam, Jumat (17/5).

Yang menggembirakan, lanjut Ketua Baznas Jember ini, pihak rektorat Unej akan membuat aplikasi yang memungkinkan para pejabat, dosen dan karyawan kampus setempat untuk membayar zakat atau bersedekah tanpa repot-repot mendatangi UPZ.

“Namun cukup potong  gaji secara otomatis, yang itu terintegrasi dengan sistem pendataan Baznas Jember,” ungkap H Misbah, sapaan akrabnya.

Menurutnya, hal tersebut tentu sangat praktis dan membantu. “Dan itu memudahkan para muzakki untuk menunaikan kewajibannya bayar zakat,” ungkapnya.

H Misbah menambahkan, jika program tersebut berjalan, sungguh sangat besar manfaatnya untuk membantu para duafa, khususnya bagi mahasiswa yang tidak mampu agar bisa melanjutkan studi. Sebab, dengan biaya pendidikan yang cukup tinggi, tentu bantuan dari Baznas sangat diharapkan dapat meringankan beban kewajiban keuangan para dhuafa.

“Semoga sukses. Banyak mahasiswa pinter tapi tidak mampu secara ekonomi,” pengkasnya. (Aryudi AR/Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *