Surabaya – Wajah penuh senyum tampak terlihat pada Kamis (23/4) . Hal tersebut lantaran sejumlah pekerja kasar yang berada di lingkungan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur yang diwakili dua rekannya menerima dana dari BAZNAS Provinsi Jatim.

Setidaknya 107 tenaga kasar di lingkungan dinas tersebut menerima dana sebesar Rp500.000 setiap bulan.

“Tidak diterima utuh Rp500 ribu karena dirinci untuk pembayaran iuran BPJS sebesar Rp16.800 dan Rp483.200 di transfer ke rekening  masing-masing tenaga kasar,” kata Fathor kepada media ini.

Menurut petugas Unit Pengumpul Zakat atau UPZ di Dinsos Jatim tersebut, penyerahan uang secara simbolis disampaikan oleh KH Abd Salam Nawawi selaku Ketua BAZNAS Jatim.

“Sedangkan dari pihak BPJS hadir bapak FY Agustina Burhan yang juga Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo,” katanya.

Kegiatan sendiri berlangsung di salah satu ruangan Dinsos Provinsi Jatim.

Menurut Fathor, bantuan dari BAZNAS Jatim ini sangat berarti bagi para pekerja kasar. “Karena gaji dari Dinsos Jatim sangat tidak cukup untuk mereka,” ungkapnya.

Padahal tugas dan kewajiban yang harus diemban para pekerja kasar sangatlah berat. Apalagi dalam keseharian, mereka harus melayani para orang tua yang jompo.

“Kasihan kalau melihat nasib para pekerja kasar tersebut. Sangat tidak sebanding antara tugas yang diemban dengan gaji yang diterima setiap bulannya,” ungkap pria kelahiran Pamekasan ini.

Dirinya sangat berterima kasih kepada BAZNAS Jatim yang memiliki perhatian kepada pegawai kasar. Diharapkan, dengan dana yang ada bisa dimanfaatkan untuk menutupi kebutuhan hidup yang semain hari kian tinggi.

“Paling tidak, mereka bisa memiliki tambahan pemasukan,” pungkasnya. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *