Home / Berita Zakat / Baznas Layani Kesehatan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Baznas Layani Kesehatan di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Jakarta — BPJS Kesehatan yang diwakili Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M. Kes sebagai Direktur Utama menyampaikan sebuah presentasi berjudul “Jaminan Kesehatan Berbasis Masjid” di hadapan para pemuda remaja masjid dalam acara Silatnas Pemuda Remaja Masjid se-Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta 25-26 Januari lalu.

“Program ini merupakan terobosan terbaru BPJS Kesehatan di tengah banyaknya kritikan berbagai pihak terhadap kinerja akhir-akhir ini. Adapun basis utama program ini adalah taawun atau tolong menolong antarsesama jamaah masjid,” terangnya.

Dalam presentasi tersebut, Fachmi Idris menerangkan bahwa program jaminan kesehatan berbasis masjid merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada tanggal 6 Agustus 2018.

“Tercatat sebanyak enam klinik masjid dijadikan sebagai proyek percontohan,” katanya. Yaitu Masjid Rumah Sehat Menteng Jakarta, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Masjid Al Marqass Makassar, Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Ar-Rahman Pekanbaru, dan Masjid Jogokariyan Yogyakarta, lanjutnya.

Adapun peranan masjid dalam program ini, secara parsial adalah melayani kesehatan masyarakat dalam hal ini jamaah dalam bentuk klinik kesehatan. “Sedangkan secara komprehensif, masjid mengembangkan klinik kesehatan yang secara profesional dikontrak oleh BPJS. Masjid juga membina jamaah untuk menjadi peserta BPJS terdaftar di klinik masjid dan secara sukarela ingin dibina kesehatannya oleh masjid,” urainya.

Dari enam proyek percontohan tersebut, pada akhirnya disimpulkan bahwa klinik masjid di keenam masjid tersebut layak untuk dijadikan provider kesehatan dan direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut.

Empat dari enam masjid telah berkomitmen untuk mensosialisasikan perihal pendaftaran peserta serta pembayaran iuran rutin kepada jamaah masjid melalui pengumuman di waktu sholat, videotron masjid, radio masjid, dan sebagainya.

Sementara satu dari enam klinik yaitu klinik Masjid Islamic Center Samarinda telah meneken kerjasama dengan BPJS. dan tiga lainnya yaitu klinik Masjid Rumah Sehat Menteng Jakarta, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Masjid Al Marqass Makassar telah berkomitmen akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan memenuhi persyaratan dalam kredentialing.

Seluruh klinik tersebut memiliki beberapa sumber pendanaan seperti dari BAZNAS, donasi, dana CSR, masjid dan pemerintah kota. Ada juga klinik yang menerima infak sukarela dari pasien yang berobat. Dari sumber pendanaan tersebut, beberapa klinik menunjukkan potensi untuk membantu pembayaran iuran peserta yang menunggak khususnya apabila berasal dari golongan masyarakat kurang mampu. (KB/Syaifullah)

 

Check Also

Baznas Sumbang Motor Pengantar Darah ke PMI Jember

Jember – Terjadi kesepakatan antara Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kode Chat