Batu – BAZNAS Kota Batu menargetkan perolehan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) tahun 2020 bisa mencapai Rp1 miliar lebih. Target itu menurut H Nawawi, selaku dewan penasihat sangat beralasan. Pasalnya, di tahun 2019, capaian ZIS Kota Batu sebesar Rp800 juta atau mengalami kenaikan 400 persen dari tahun 2018 yang hanya Rp200 juta.

“Ya, mengacu pada capaian tahun 2019, kami targetkan dana ZIS tahun ini bisa mencapai Rp1 miliar lebih. Dengan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi untuk berzakat, berinfaq, dan bersedekah, maka target itu insyaallah akan tercapai,” ujar Nawawi yang juga Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Sabtu (1/2).

Dalam rangka mencapai target itu, belum lama ini pengurus BAZNAS Kota Batu melakukan audiensi dengan Wali ota Batu Dewanti Rumpoko. Pada kesempatan itu disampaikan program dan beberapa hal terkait upaya mengoptimalkan peran BAZNAS dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya zakat, infak, dan sedekah.

“Alhamdulillah, respons ibu wali kota sangat bagus. Beliau akan men-support terus agar BAZNAS bisa maksimal mengoordinir pengumpulan ZIS dan optimal menyalurkan dan memanfaatkannya,” ujar Nawawi.

Ia mengungkapkan, program BAZNAS tahun 2020 di samping menyalurkan ZIS kepada mustahik dalam rangka membantu Pemkot Batu mengurangi angka kemiskinan yang saat ini bisa ditekan ke angka 3 persen. Salah satunya memberikan beasiswa kepada mahasiswa miskin berprestasi hingga selesai kuliah.

Hal itu sejalan dengan hasil Rakor BAZNAS Kota Batu tahun 2020 yang merumuskan langkah pemberian beasiswa. Saat ini masih melakukan pendataan mahasiswa miskin berprestasi untuk mendapatkan beasiswa tersebut. (Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *