Jember – Baznas Kabupaten Jember tidak hanya aktif dalam berbagai kegiatan sosial, tapi juga antusias berkontribusi  pemikiran dalam mendorong tercapainya SDGs (Sustainable Development Goals) di kota tembakau ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran Ketua Baznas Kabupaten Jember, HM Misbhus Salam dalam Forum Group  Discussion (FGD)  di hotel Meotel Jalan Karimata  Jember, Jumat (31/5). Dalam forum tersebut, H Misbah, sapaan akrabnya, memaparkan sejumlah pemikirannya terkait dengan pencapaian SDGs di Kabupaten Jember.

“Yang jelas Baznas Jember akan kita libatkan untuk eskalasi pencapaian itu (SDGs),” tukasnya saat menjadi nara sumber dalam acara tersebut.

Salah satu cara yang dipakai H Misbah dalam berkontribusi bagi pencapaian SDGs adalah membagikan zakat untuk pendidikan dan pemberdayaan ekonomi mustahik. Di sejumlah titik, hal tersebut sudah dicoba, dan hasilnya cukup menggembirakan.

“Saya berpikir, kalau seandainya penyetoran dana dari muzakki bisa maksimal, betapa dahsyat  hasilnya,” tuturnya.

Sekadar diketahui, Baznas Kabupaten  Jember sudah meneken  MoU dengan  United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB untuk tujuan SDGs.

Menurut H Misbah, demi tercapainya tujuan SDGs,  sangat penting diperhatikan adalah keterbukaan informasi, keterbukaan anggaran, partisipasi masyarakat, terutama perempuan, kolaborasi multi pihak, dan isu-isu perempuan.

“Kajian kolaborasi multi pihak harus jadi pembahasan serius, agar Jember menjadi daerah yang masyarakatnya dapat hidup makmur dan sejahtera,” tuturnya di hadapan perwakilan sejumlah organisasi dan perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten  Jember itu. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *