Jember – Dalam rangka memberikan bekal terkait dengan seluk-beluk zakat, Baznas Kabupaten Jember menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan para penyuluh Kementerian Agama Jember. Kegiatan dipusatkan di aula MTs Negeri 1 Jember, Selasa (21/5).

Menurut Ketua Baznas Jember, HM Misbhus Salam, acara tersebut dimaksudkan untuk memberi pemahaman yang menyeluruh tentang ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah). Dikatakannya, ZIS sebaiknya dibayar melalui lembaga resmi, legal dan dikelola secara profesional dan akuntabel. Lembaga dimaksud tentu saja antara lain Baznas.

“Di Baznas pertangung jawabannya jelas dan transparan,” ungkapnya.

Ia berharap agar para penyuluh bisa jadi fasilitator terbentuknya UPZ di masing-masing masjid kecamatan dan desa. Jika program ZIS betul-betul dilaksanakan secara maksimal oleh UPZ, akan membantu dan bermanfaat untuk para dhuafa di lingkungan masjid setempat.

“Dan ZIS akan meningkatkan Humam Development Index dan Sustainable Development Goals. Dengan ZIS masyarakat menjadi kuat,” urainya.

Hadir dalam acara tersebut dari Agus Setiawan (Kabag Keuangan Baznas Jember) , M Khairuddin (Kabag SDM Baznas Jember) dan para penyuluh se-Kabupaten Jember. (Aryudi AR/Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *