Jember – Pada Ahad (15/2) diselenggarakan Festival Santri ke-14 Metode Dirasati se-Wilayah Jember Barat. Kawasan tersebut meliputi Bangsalsari, Rambipuji Balung, Gumukmas dan Puger yang dipusatkan di TPQ Miftahul Ulum Al Ridha Dsn Jadugan Mojosari Puger.

 

Acara festival santri dibuka Bupati Jember, dr Hj Faida MMR yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama menjadi bupati selalu memfasilitasi kegiatan TPQ.

“Hal ini agar sumber daya manusia masyarakat Jember dapat terisi dengan nilai nilai Al-Quran. Bahkan Pemkab Jember sudah memprogramkan setiap hafidh dan hafidhah memperoleh beasiswa,” katanya saat sambutan.

 

Sementara BAZNAS Jember yang memiliki program Jember Cerdas dan Jember Taqwa juga selalu memberikan bantuan Al-Qur’an.

“Bahkan bila ada guru ngaji yang kondisinya mustahiquz zakat, maka kami juga siap akan memberikan bantuan selama volume anggaran di RKAT masih ada,” kata Ketua BAZNAS Jember, H Misbahus Salam.

 

Festival santri ini diikuti dengan 14 lomba santri antara lain 1. Tartil Usia 7 Th.

  1. Tartil putra (12 th.)
  2. Tartil putri (12 th.)
  3. Tahfidz juz amma (putra)
  4. Tahfidz juz amma (putri)
  5. Diba’iyah
  6. Khitobah
  7. Cer-cer
  8. Himne santri
  9. Puzzle Arabic
  10. Nasyid
  11. Adzan Shubuh
  12. MTQ
  13. 14.Kaligrafi

 

Dalam pembukaan festival dihadiri ratusan pengasuh TPQ,  ribuan wali murid dan santri, serta para mahasiswi dari Universitas Ibrahimy yang sedang PPL di BAZNAS Jember. Mereka ditugasi memberikan bantuan Al-Qur’an dari BAZNAS Jember. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *