Surabaya — Dari waktu ke waktu, penyebaran Covid-19 semakin meluas. Pada saat yang sama, korban yang positif juga mengalami peningkatan yang mengkhawatirkan. Di sejumlah tempat, korban meninggal juga berjatuhan, meskipun angka mereka yang sembuh juga menggembirakan.

Para pasien yang gagal mempertahankan hidup karena virus Corona ini harus ditangani dengan baik dan segalanya diperlakukan khusus. Dari mulai proses merawat hingga pemakaman dilakukan dengan prosedur ketat. Hal tersebut demi memastikan bahwa wabah tidak semakin merebak.

Demi memberikan pelayanan terbaik bagi korban virus Corona yang meninggal, serta sebagai upaya turut memutus mata rantai penularan Covid-19 ke masyarakat, BAZNAS Jawa Timur telah menjalin kerja sama dengan RSUD Dr Sutomo Surabaya. Yang dilakukan adalah dengan menyediakan peti jenazah dan kafan khusus.

Dokter Abdul Aziz, SpF sebagai salah seorang pengurus Unit Pengumpul Zakat atau UPZ BAZNAS Jatim di RSUD Dr Sutomo tersebut menjelaskan bahwa yang sangat dibutuhkan kala itu adalah ketersediaan peti jenazah dan kafan khusus.

“Karena memang untuk korban meninggal akibat Covid-19 perlu penanganan khusus,” katanya, Kamis (30/4).

Alumni program pendidikan spesialis kedokteran forensik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tersebut menjelaskan bahwa hingga kini telah tersedia beberapa peti jenazah dan kafan hasil sumbangan dari BAZNAS Jatim.

Namun demikian, dokter Aziz, sapaan akrabnya berharap ketersediaan peti akhirnya tidak digunakan. Bukan berarati bahwa sumbangan yang telah diberikan tidak berguna, namun ada pengharapan lain.

“Maunya kita kan agar peti dan kafan tidak digunakan. Ini maknanya kita tidak menginginkan pasien positif Covid-19 meninggal, melainkan bisa disembuhkan,” sergahnya.

Hingga kini, layanan medis yang juga dibutuhkan dalam penanganan pasien korban virus Corona tidak hanya petugas kesehatan, peti jenazah dan kafan. Yang turut mendesak adalah ketersediaan alat semprot bagi jenazah.

“Agar lebih bermanfaat, kami juga berencana membelikan alat semprot jenazah Covid-19 karena memang untuk hal itu membutuhkan alat khusus yang segera dikoordinasikan dengan pihak BAZNAS Provinsi Jawa Timur,” jelasnya.

Pria yang jabatan terakhirnya adalah Kepala Instalasi Kedokteŕan Forensik dan Medikolagal RSUD Dr Soetomo tersebut sangat berterima kasih atas perhatian berbagai kalangan kepada pasien akibat virus Corona.

Ayo terus dukung kami,

Transfer donasi:
Rek BSM No. 7001249694
a.n. BAZNAS Provinsi Jawa Timur

(mhn tambahkan angka 19 di belakang nilai yang ditransfer sbg kode transaksi program ini. Misal : 500.019 untuk nilai donasi Rp. 500.000, -)

Hitung & Jemput Zakat :
+6285730551704 (Mahrus)
+6283830702600 (Sugeng)
+6281299577253 (Fajar)
+6281232515123 (Rizal)

Konfirmasi Transfer :
083830936292

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *