Surabaya — Setelah sukses menyelenggarakan live event orang tua sehari sejak 2015 lalu, BAZNAS Jatim, Smart FM Surabaya dan Bank Jatim tahun 2020 ini kembali menyelenggarakan kegiatan serupa dengan target membahagiakan 200 anak yatim duafa.

 

Orang tua asuh sehari ini sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak kurang mampu dan yatim piatu yang membutuhkan perhatian dan uluran tangan banyak pihak. Apalagi di tengah pandemi Covid-19.

 

Jika sebelumnya mengajak anak yatim duafa belanja kebutuhan lebaran, karena dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan orang tua asuh tahun ini dilaksanakan dengan memberikan bantuan peralatan sekolah. Kegiatan tentu saja untuk meringankan pengeluaran akan keperluan sekolah bagi keluarga tidak mampu di tengah pandemi Covid-19.

 

Penyerahan bantuan dilaksanakan secara simbolis Jumat (4/9/2020) di Islamic Center Surabaya kepada perwakilan anak yatim dhuafa. Selanjutnya bantuan akan diserahkan kepada yatim duafa ke rumah masing-masing.

 

Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur, Dr. KH. Abd. Salam Nawawi mengatakan bahwa kegiatan rutin ini akan selalu dilaksanakan di tengah situasi apa pun.

 

“Meski di tengah pandemi covid-19, orang tua asuh sehari tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol dan pencegahan covid,” katanya.

 

Kiai yang juga dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bank Jatim yang telah menjadi donatur kegiatan ini setiap tahunnya.

 

“Ke depan, diharapkan Bank Jatim terus menjadi donatur melalui CSRnya yaitu Bank Jatim Peduli,” harapnya.

 

Bank Jatim melalui Bank Jatim Peduli telah secara rutin menjadi donatur dalam kegiatan ini. Tahun 2018 lalu mengeluarkan dana Rp. 90 juta untuk 300 anak yatim duafa. Untuk tahun 2019, sebesar Rp. 60 juta, serta tahun ini sebesar Rp. 24 juta. Semua diwujudkan dengan bantuan peralatan sekolah  seperti tas, buku dan lainnya bagi 200 yatim duafa.

 

“Bantuan ini merupakan kepedulian Bank Jatim dalam membantu meringankan beban masyarakat terutama keluarga tidak mampu, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini,” terang Eny Rahmawati – Penyelia CSR Bank Jatim, usai penyerahan bantuan di Islamic Center.

Selain peralatan sekolah juga diberikan uang tunai untuk dibelikan paket internet daring belajar di rumah. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *