Surabaya – Menghadapi bulan Ramadan yang sudah ada di depan mata, maka umat Islam hendaknya bersiap diri. Memastikan kegiatan ibadah tertata dengan baik dan istikamah selama sebulan.

 

Namun pada saat yang sama, pandemi Corona mengancam sejumlah persiapan tersebut khususnya mereka yang terdampak virus.

 

“Seperti diketahui bersama, bahwa wabah Covid-19 cukup mengganggu persiapan Ramadan kaum muslimin,” kata KH Salam Nawawi, Selasa (21/4).

 

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur tersebut mengemukakan bahwa saat normal saja, banyak kalangan yang harus diperhatikan lebih kala Ramadan.

 

“Perhatian kita hendaknya lebih dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap dosen Universitas Islam negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

 

Untuk itu, Baznas Jatim meluncurkan gerakan sedkah buka puasa dan sahur. Hal tersebut demi memastikan bahwa kalangan duafa masih memiliki harapan untuk menghadapi Ramadan dengan suka cita dan persiapan yang lebih.

 

Disampaikan Kiai Salam, sapaan akrabnya bahwa dari kegiatan ini akan menargetkan setidaknya 3.000 paket setiap hari.

 

“Nantinya paket sahur dan buka yang telah tertkumpul akan didistribusikan kepada para dhuafa terdampak wabah Covid-19 di wilayah Jawa Timur,” urainya.

 

Kiai Salam berharap, meskipun suasana tidak mendukung, namun kalau dimanage dengan baik, maka pasti ada saja kelebihan rejeki yang dapat dibagi untuk mereka yang lebih membutuhkan.

 

“Bukankah Allah SWT telah mengingatkan kaum muslimin untuk bersedekah saat lapang maupun sempit. Nah, saat inilah waktu yang tepat mewujudkan perintah agama tersebut,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ustadz Benny Nur Miftahul Ulum mengemukakan bahwa dalam penyaluran, pihak Baznas membagikan makanan jadi atau bahan makanan dengan menyesuaikan kondisi lapangan.

 

“Ini menjawab pertanyaan bagaimana Baznas akan mendistribusikan makanan dalam situasi wabah seperti saat ini,” kata Kepala Pelaksana Baznas Provinsi Jawa Timur tersebut.

 

Ustadz Benny, sapaan akrabnya menambahkan bahwa dalam mendistribusian kepada para mustahik atau penerima, selain melalui para relawan Baznas, juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Jatim.

 

Momentum Ramadan hendaknya dapat dioptimalkan oleh kaum muslimin untuk membantu sesama, terkhusus dalam menyediakan buka serta sahur. Apalagi hal ini sangat dianjurkan.

 

“Hal itu sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang pahala memberi buka puasa. Maka kami mengajak para aghniya atau dermawan untuk mendukung program ini dengan berdinasi yakni infak Rp50 ribu setiap paket sebagai ikhtiar meraih pahala berlimpah di bulan berkah,” ungkapnya.

 

Kepada berbagai kalangan yang ingin turut berpartisipasi dapat mentransfer donasi ke Rekening Bank Syariah Mandiri No. 7001249694 atas nama Baznas Provinsi Jawa Timur.

 

“Dan ketika berkirim donasi hendaknya ditambahkan angka 17 di belakang nilai yang ditransfer sebagai kode transaksi program ini,” jelasnya. Semisal 500.017 untuk nilai donasi Rp500.000 dan konfirmasi transfer ke nomor gawai +62830936292, lanjutnya.

 

Sedangkan yang membutuhkan jasa penghitungan dan jemput zakat dapat menghubungi petugas yakni Mahrus dengan nomor gawai +6285730551704, Sugeng +6283830702600, serta Fajar +6281299577253. (Syaifullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *