Gresik – Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, segala ikhtiar akan berbuah manis. Demikian yang bisa dipetik Baznas Gresik.

Lewat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik yang mengadakan pekan sedekah sampah, terkumpul uang Rp 7,4 juta. Dana yang ada akhirnya dipercayakan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik, Mohammad Najikh mengatakan, rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

“Program kegiatan ini berlangsung selama seminggu yaitu sejak Senin sampai Jumat mulai 11-15 Pebruari 2019. Hasilnya sebesar Rp 7,4 juta disumbangkan kepada para duafa serta para petugas kebersihan melalui Baznas Gresik,” katanya, Jumat (8/3).

Ia menambahkan, tujuan awal program ini untuk mengurangi volume timbunan sampah. Seperti yang tertuang dalam Perbup nomor 26 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Gresik dalam pengelolahan sampah rumah tangga.

“Sampah yang berhasil dikumpulkan dari bank sampah DLH berupa kertas, plastik, karet, kaca, besi dan lain-lain dengan berat total 2255 kilogram, dan menghasilkan uang sebesar Rp 4 juta,” tambahnya.

Sedangkan sumbangan sampah dari bank sampah lanjut Mohammad Najikh, diambil dari sekolah dan kelurahan yang ada di wilayah perkotaan dan telah diuangkan oleh bank sampah yang bersangkutan mendapatkan uang sebesar Rp 3,4 juta.

“Kami berharap sedekah sampah yang akan kami laksanakan setiap enam bulan sekali ini bisa lebih sukses dan lebih meluas cakupannya. Sehingga, tujuan untuk mengurangi volume sampah bisa berhasil,” pungkasnya. (s@if)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *