Banyuwangi — Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Banyuwangi  pada Ahad (22/12) sore, membuat atap rumah warga di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, roboh.

Beruntung, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Pemilik rumah, Khasanah (55) dan anaknya Abdul Rohman (33) selamat atas musibah itu.

Camat Genteng Firman Sanyoto mengatakan, robohnya atap rumah Khasanah terjadi sekitar pukul 14.45 WIB. Saat itu kawasan Genteng sedang diguyur hujan deras disertai dengan angin kencang.

“Upaya evakuasi material yang roboh langsung dilakukan petugas bersama dengan masyarakat setempat,” kata Firman.

Firman menjelaskan, untuk sementara waktu pemilik rumah diungsikan ke rumah tetangga yang juga saudaranya, sembari menunggu perbaikan pembangunan.

“Kita himpun dana swadaya dari warga sekitar untuk membangun kembali. Namun kita juga ajukan permohonan bantuan ke Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS Banyuwangi melalui Unit Pengumpul Zakat yakni UPZ Kecamatan Genteng. Kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta,” ungkap Firman.

Pantauan  di lapangan, kerusakan terjadi pada atap dan bagian emperan depan rumah korban, atap rumah yang terbuat galvalum tersebut bergeser beberapa meter dan roboh akibat angin kencang. Beberapa tiang penyangga atap juga patah. (TB/Syaifullah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *