Dalam rangka meningkatkan peran organisasi/lembaga masyarakat terkait sinergitas penanggulangan bencana Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat tanggal 25 – 26 April 2019 di Royal Orchid Garden Hotel Kota Batu Jawa Timur, di ikuti oleh perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dari 38 Kabupaten / Kota Se Jawa Timur dan dibuka oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Sekretaris Daerah Jawa Timur oleh Dr. Himawan Estu Bagijo. SH. MH.

Dalam sambutannya Dr. Himawan Estu Bagijo. SH. MH. Saat membuka acara Menyampaikan bahwa bencana bukan hanya tanggungjawab pemerintah akan tetapi juga tanggungjawab masyarakat didalamnya termasuk Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) karena tahun 2018 tewrcatat ada 411 kejadian bencana di Provinsi Jawa Timur baik banjir, tanah longsor maupun bencana yang lain. “Semoga dengan adanya kegaiatan ini bisa terbangun sinergitas antara Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan masyarakat bisa bersinergi dalam penanganan bencana terutama dalam hal mitigasi bencana”. Tambahnya.

Sementara itu M. Nur Amin Zabidi salah satu peserta rakor mengatakan semoga acara ini tidak hanya sampai disini akan tetapi bisa ditindaklanjuti sampai tingkat Kabupaten /Kota Se Jawa Timur sehingga apabila ada kejadian bencana pemerintah bersama masyarakat bisa memberikan penanganan guna meminimalisir jumlah korban dan juga kerugian. Pungkasnya. *(Cak Amin / ceritarelawan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *